you're reading...
Artikel-artikel umum, Cerita ringan...

Bertemu itu Menyenangkan ; Catatan #5TahunTP

Pekan terakhir di Maret 2016, t0ekangpoto melewati tahun ke-5 nya. Sebagaimana biasanya, ada event untuk menandakan terbentuknya komunitas ini dan sekaligus kesempatan untuk temu-sua anggotanya yang biasanya hanya berjumpa lewat media sosial. Dan tahun ini, Banyuwangi menjadi destinasi pertemuan.

Memang tidak seluruh TPers (sebutan bagi anggota tOekangpoto) dapat hadir dalam acara ini. Tapi kesan keluarga tetap terasa, sebagaimana event-event TP lainnya. Kereta api, pesawat dan bis mengantarkan TPers dari berbagai daerah di Indonesia ke kabupaten tertimur di pulau Jawa ini. Lebih dari 50 orang hadir. Dari balita hingga hampir lansia (Upss… ahahaii). Bersama keluarga atau jomblo yang sedang penantian (^^V).

Setidaknya telah 4 kali sebelum ini, TP membuat event Milad. Yang pertama di Jogja, dan selanjutnya hingga aniversary ke 3 berlokasi disana, kemudian di Jawa Tengah, Karang Anyar. Saya termasuk yang baru kali ini dapat berkumpul dengan teman-teman TPers di event Milad. Dan, rasanya begitu menyenangkan.

2016_0324_09064600-01-01

Saat kedatangan TPers di Stasiun Karangasem, Banyuwangi

Dari Surabaya, saya naik kereta Sri Tanjung. sebelumnya telah naik teman-teman TPers dari Semarang. Juga bersamaan dengan TPers Bandung (Include didalamnya pak lurah TP). Tidak selang lama, di Sidoarjo bergabung juga dengan TPers dari Jakarta yang menyambung setelah transit di bandara Juanda. Sebagian besar kita mungkin baru saja berjumpa. Kecuali hanya lewat sosial media. Namun, rasa-rasanya sudah menjadi keluarga yang lama tidak bertemu.

2016_0324_02270100-01

Lurah TP, Wicak Yuhuu, akan menaiki kereta di Stasiun Gubeng, Surabaya

Tidak sekedar foto

Mengunjungi tempat-tempat eksotis di Banyuwangi, tentunya akan menggiurkan bagi seniman foto. Diawali dengan pantai Boom, kita disuguhi sunrise pertama di pulau Jawa. Apalagi puncak Ijen yang memberikan pesona tersendiri. Ditambah dengan sambutan yang sangat istimewa dari desa Osing, Desa Kemiren. TPers semakin bringas memencet shutter kameranya masing-masing. Masih banyak lokasi lainnya di Banyuwangi. Waktu 2 hari sangatlah tidak cukup untuk mengantarkan TPers mengunjungi semuanya. Bukan sekedar mencari foto bagus.

Disini, meskipun komunitas fotografi, tidak selalu bicara tentang foto. Ada yang membuat komunitas ini lebih berwarna diantara obrolan seputar ROT, komposisi, exposure, kamera, lensa dan lainnnya. Disini kami menyelami masing-masing. Siapa dia. Bagaimana kabarnya. Apakah si A sakit. Anak siapa ini. Sampai obrolan si B jodohkan dengan si C. (HAhai..)

Saya merasa kami mengikat tak terlihat sebuah jalinan silaturahmi. Kami saling belajar. Kami bertatap muka. Lebih dan lebih dari sekedar posting foto bagus di wall grup tOekangpoto. Saya tahu si D begini, dan si E mengerti bagaimana sifat saya. Kami jadi lebih mengenal. Bahasa yang lebih riil dari foto. Dan foto akhirnya membuat semuanya terkoneksi… Foto Bagus Itu Bonus. Yang Terpenting Silaturahmi.

DSCF5714

Tak perlu mewah kan? Kita makan di pinggir hutan di Banyuwangi..

Bertemu itu menyenangkan.

Dan setelah semua kembali kepada kehidupan nyatanya, yang terbingkai adalah foto-foto yang terpajang di album grup tOekangpoto. Apakah semua senang? Saya berharap demikian. Namun naluri saya menduga ada yang sedih karena tidak ada gambarnya diantara foto-foto tadi. Dia berharap sekali dapat bersama dengan TPers lainnya di event #5tahunTP. Sebagaimana saya saat milad TP sebelum-sebelumnya.

Saya merasa bertemu(an) itu menyenangkan. Bagian yang jangan sampai terlewatkan. Walaupun belum memungkinkan seluruh TPers berkumpul, cobalah untuk berkumpul. Bertemu muka. Merutinkan pertemuan dengan frame TP masing-masing. Sekedar hunting foto bareng. Atau WS tipis-tipis.

2016_0326_03584100(2)-01

5th Anniversary tOekangpoto

tOekangpoto berjalan ke tahun ke 6.

Jumlah TPers semakin bertambah. Beragam. Tentunya tidak lagi seperti sebelum-sebelumnya. Akan banyak harapan yang dibebankan. Tidak hanya bagi TPers, tetapi masyarakat juga menunggu peran TP.

Semoga Allah memberkahi tOekangpoto. Menjadikannya lebih manfaat.

Sampai bertemu di even berikutnya teman-teman…

FP tOekangpoto Jawa Timur

Advertisements

About Aferu Fajar

Kawan, terima kasih telah mampir dan membaca tulisan-tulisan di blog saya. Salam kenal dari saya. Terima kasih...

Discussion

3 thoughts on “Bertemu itu Menyenangkan ; Catatan #5TahunTP

  1. Sukses terus TP….

    Posted by Adhy Syaefudin | April 5, 2016, 2:09 pm
  2. Aamiinn…

    Posted by Aferu Fajar | April 5, 2016, 2:11 pm
  3. waaah serrruuuu

    Posted by dian nafi | October 3, 2016, 2:09 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow on Twitter

%d bloggers like this: